Tuesday, May 15, 2007

PERKEMBANGAN DAN PERANAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI



Sistem teknologi informasi (STI) telah berkembang dengan sangat pesatnya. Jika diamati, setiap satu dekade, terjadi perkembangan yang cukup signifikan dari sistem teknologi informasi(STI).Dimulai dari era akutansi pada tahun 1950, beranjak ke era operasional mulai tahun 1960, ke era informasi mulai tahun 1970 menuju ke era jejaring dimulai tahun 1980 sampai ke-era jejaring global di mulai tahun 1990, sistem teknologi informasi telah banyak sekali mengalami perubahan-perubahan.
Perkembangan dari sistem teknologi informasi (STI)menyebabkan juga perubahan dari materi pengajaran sistem teknologi informasi sekarang ini semakin luas. Perkembangan dari sistem teknologi informasi ini juga mau tidak mau menyebabkan perubahan-perubahan peran sistem informasi teknologi itu sendiri, mulai dari perannya membantu operasi organisasi menjadi lebih efisien sampai ke perannya sebagai alat memenangkan kompetisi. Perkembangan ini juga menyebabkan perubahan-perubahan peran manajer di dalam organisasi.
Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer . Informasi dapat dikelola seperti halnya sumbar daya yang lain, dan perhatian pada topik ini bersumber dari dua pengaruh. Pertama bisnis telah menjadi semakin rumit, dan kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.
Output informasi dari komputer digunakan oleh para manajer, non manajer, serta orang-orang dan organisasi dalam lingkungan dalam perusahaan. Manajer berada pada semua tingkat organisasional perusahaan dan dalam semua area bisnis. Manajer melaksanakan berbagai fungsi dan peran, dan untuk berhasil, manajer memerlukan keahlian dalam komunikasi dan pemecahan masalah. Manajer perlu mengerti komputer
(computer literate), tetapi yang lebih penting , mereka perlu mengerti informasi (informaio literate).
Sangat bermanfaat jika manajer mampu melihat unit-unit sebagai suatu sistem yang terdiri dari beberapa subsistem dan berada dalam supersistem yang lebih besar.Perusahaan adalah suatu sistem yang bersifat fisik, namun dikelola dengan menggunakan suatu sistem konseptual. Sistem konseptual ini dari suatu pengolah informasi yang mengubah data menjadi informasi dan menggambarkan sumberdaya fisik.
Aplikasi komputer utama yang pertama adalah pengolahan data akutansi. Aplikasi terebut lalu diikuti oleh empat aplikasi lain : sistem informasi manajemen(management information systems), sistem pendukung keputusan (decision support systems), kantor virtual( virtual office) dan sistem berbasis pengetahuan (knowledge based systems).Kelima aplikasi ini membentuk sistem informasi berbasis komputer ( computer based information systems), atau CBIS.
Perusahaan-perusahaan membentuk suatu organisasi jasa informasi yang terdiri dari para spesialis informasi untuk menyediakan keahlian dalam pengembangan sistem berbasis komputer. Para spesialis ini mencakup analis sistem ( system analysts), pengelola data base( database administrator), spesialis jaringan( network specialists), programer dan operator. Dalam beberapa tahun terakhir ini , para pemakai telah mulai melakukan sebagian besar pekerjaan para spesialis - suatu fenomena yang disebut end user computing.
Sangat sulit untuk membuktikan nilai ekonomis dari suatu aplikasi komputer , tetapi banyak analis yang dilakukan untuk menimbang nilai tiap proyek potensial. Setelah berjalan,proyek tersebut berkembang melalui suatu siklus hidup sistem(system life sycle)Para spesialis informasi dapat berperan serta dalam tingkat yang beragam, tetapi keseluruhan siklus ,termasuk pengembangan dan pemakaian, harus dikelola oleh manajer.

No comments: